Sunday, March 5, 2017

KLWP Conditional Dan Boolean Operator

  1 comment
Setelah kemarin kita membahas tentang pola matematika pada KLWP sekarang kita akan membahas bagaimana mengkondisikan formula, Conditional dalam KLWP merupakan suatu bentuk formula yang apabila suatu kondisi terpenuhi maka tugas akan di jalankan, apabila tidak maka menjalankan tugas yang lain, dalam KLWP Conditional di tulis dalam sintax $if(operand, then, else)$, contoh:
  • $if(1<2, ya, tidak)$
  • $if(df(s)%2=0, Hallo, Apakabar)$
Pada Dua Contoh di atas kita hanya mengkondisikan satu kejadian apabila terpenuhi maka jalankan perintah, selainnya perintah kedua, atau bisa juga dengan menuliskan beberapa kondisi dalam satu baris formula, contoh :
  • $if(bi(level)<20, Low Batt, if(bi(level)>=20&bi(level)<80, Masih Aman, if(bi(level)>=80, Battery Full)))$
Contoh di atas bermaksud :
jika battery level kurang dari 20 maka tuliskan "Low Batt", selainnya jika battery level lebih dari sama dengan 20 dan battery level kurang dari 80 maka tuliskan "Masih Aman", selainnya jika battery level lebih dari sama dengan 80 maka tuliskan "Battery Full".
Atau bisa juga dengan menuliskan beberapa kondisi dalam beberapa baris, contoh :
  • $if(bi(level)<20, Low Batt)$
    $if(bi(level)<=20&bi(level)<80, Masih Aman)$
    $if(bi(level)>=80, Battery Full)$
Lihat contoh gambar :


Penulisan "else" atau perintah kedua bersifat optional, jika tidak di tuliskan maka akan di kembalikan ke value default, ada beberapa boolean operator yang dapat digunakan pada Conditional ini, diantaranya : 
Operator Keterangan
     > Lebih dari
     < Kurang dari
     = Sama dengan
     <= Kurang dari sama dengan
     >= Lebih dari sama dengan
     != bukan sama dengan
     & dan
     | atau

Semoga dengan ini kita dapat lebih memahami bagaimana cara menggunakan Conditional pada KLWP, untuk referensi bagaimana membuat skin/tema dengan KLWP anda dapat membaca Tutorial-Tutorial Basics pada postingan sebelumnya.

KLWP Pola Matematika Dan Math Utilities

  No comments
Pola matematika juga dapat di terapkan pada Formula KLWP baik itu dalam pengkondisian $if(format, then, else)$, atau perhitungan secara mutlak, misalkan dalam formula kita menulisakn sebuah perhitungan seperti :
  • $2+2$ akan menghasilkan nilai 4
  • $(2*5/5)+(2*10)$ akan menghasilkan nilai 22
  • $df(s)%3$ maka hanya akan menghasilkan nilai 0, 1, 2.
  • $mu(round, df(s)/20)$ maka akan menghasilkan nilai 0, 1, 2, 3 bergantian selama 20 detik.
  • $tc(ai(sunset) - ai(sunrise))$ durasi waktu siang
  • $rm(mused)/rm(mtot)*100$ menghitung persentase ram yang di gunakan
  • $rm(mfree)/rm(mtot)*100$ menghitung persentase ram bebas


Pola matematika pada KLWP hampir sama dengan pola yang ada pada bahasa pemrograman.
Rumus :
$operand - operator - operand$ 
Operand : nilai asal, baik itu angka atau sintax formula
Operator : intruksi yang di berikan berupa simbol seperti penambahan dan pengurangan
Beberapa Operator yang dapat di gunakan dalam KLWP yaitu :
Simbol Keterangan
   + penambahan
   - pengurangan
   * perkalian
   / pembagian
   ^ pangkat (exponentiation)
   % sisa hasil bagi (modulo)

Math Utilities

Math Utilities merupakan formula yang digunakan untuk mencari nilai perhitungan secara matematis seperti pembulatan, mengacak, maximum dan minimum dan banyak lagi, berikut adalah table dari sintax math utilities yang ada pada formula KLWP.

contoh hasil Keterangan
$mu(ceil, 3.4)$ 4.0 pembulatan bilangan ke atas dari angka desimal
$mu(floor, 3.80)$ 3.0 pembulatan bilangan kebawah dari angka desimal
$mu(sqrt, 2)$ 1.41421 squar root (akar kuadrat dari bilangan)
$mu(round, 2.80)$ 3 pembulatan bilangan terdekat
$mu(round, 2.858284, 2)$ 2.86 pembulatan bilangan menjadi 2 angka desimal (optional)
$mu(min, 1, 3)$ 1.0 menghasilkan bilangan terkecil
$mu(max, 1, 3)$ 3.0 menghasilkan bilangan terbesar
$mu(abs, -1)$ 1.0 nilai mutlak (absolute, jika bilangan negatif akan menjadi positif, jika positif tetap positif)
$mu(cos, 90)$ 0.0 menghasilkan nilai Cosinus dari suatu sudut (convert nilai sudut dalam satuan derajat " ° " ke dalam radian)
$mu(sin, 90)$ 1.0 menghasilkan nilai Sinus dari suatu sudut (convert nilai sudut dalam satuan derajat " ° " ke dalam radian)
$mu(tan, 45)$ 0.99999 menghasilkan nilai Tangen dari suatu sudut (convert nilai sudut dalam satuan derajat " ° " ke dalam radian)
$mu(atan, 45)$ 88.72696 membalikkan nilai Tangen
$mu(log, 5)$ 0.69897 menghasilkan nilai logaritma
$mu(pow, 2, 3)$ 8.0 mencari hasil pemangkatan
$mu(ln, 5)$ 1.60943 menghasilkan nilai natural logarithm
$mu(rnd, 10, 100)$ 63 menghasilkan nilai secara acak