Sunday, February 26, 2017

KLWP Tab Navigasi dan Module

  No comments
Seperti yang telah dijelaskan pada tuturial yang lalu, tab navigasi pada KLWP berada di bawah screen, berfungsi menavigasi bagian-bagian editing dari module yang ada, table dari navigasi ini akan berubah-ubah sesuai dengan module dan penempatannya.


Pada contoh gambar di atas, tab navigasi masih berada pada layar utama atau biasa kita sebut dengan Root, geser pada nama-nama table untuk navigasi, silahkan coba dari masing-masing menu yang ada pada table-table tersebut agar mudah memahami.
  • Items : tabel ini berisi susunan module yang telah di tambahkan, misalkan kita tambahkan shape, Text atau yang lain maka module tersebut akan tersusun pada bagian table ini, perlu di ingat bahwa jumlah module yang bisa di tambahkan pada Root sangat terbatas, jadi pastikan jika membutuhkan banyak module untuk membuat desain, letakkan module-module tersebut pada group (akan kita jelaskan pada bagian lain)
  • Bacground : table ini berguna menyeting latar belakang dari desain live wallpaper yang akan dibuat seperti menggunakn gambar atau warna solid.
  • Layer : menyeting bagaimana layer di tampilkan misalkan ketika screen locked atau yang lain
  • Position : seperti namanya table ini berguna menyeting posisi dari layer
  • Global : table ini berisi variable-variable global yang kita buat sendiri
  • Shortcut : table ini berisi shortcut aplikasi yang kita buat melalui action on touch agar dapat di akses dengan mudah.

Module

Menambahkan module KLWP caraya dengan menggeser navigasi ke table Items kemudian klik icon " + " yang ada di atas layar, misalkan kita pilih shape, kolom check box yang berada disamping module berguna untuk memberi nama, menyalin, dan menghapus module, pilihannya ada di atas layar, sekarang coba klik pada shape yang telah di tambahkan, tampilan table navigasi akan terlihat seperti contoh gambar berikut.


Table Awal
Disini kita sebut table awal karna nama table akan mengikuti dari nama module, pada bagian ini terdapat beberapa editor seperti :
  • Shape : memilih jenis shape seperti square, circle, oval dan lain-lain
  • Width : merubah ukuran shape
  • Corner : menentukan sudut tumpul
  • Rotation : memutar shape
Editor dari table ini disesuaikan dengan jenis-jenis module, silahkan mencoba pada module-module lain.

Table Paint
  • Style : menentukan style burupa fill atau stoke
  • Color : menentukan warna

Table Position
Pada table ini jika module berada pada Root, maka hanya memiliki tiga editor yaitu :
  • Anchor : menempatkan posisi module berdasarkan screen anchor seperti top, left, right dan sebagainya
  • X offset : menentukan posisi module berdasarkan sumbu X atau mendatar
  • Y offset : menentukan posisi module berdasarkan sumbu Y atau tegak
Jika module berada pada Group maka table ini berisi editor yang memposisikan module berdasarkan Padding.

Table FX
  • Mask : memberi effeck mask seperti clip all, clip, background dan sebagainya
  • Texture : memberi effeck texture seperti gradient, gambar dan sebagainya
  • Shadow : memberi effeck bayangan

Pada Table Animation dan Touch perlu menambahkan action dengan cara klik pada icon " + " seperti menambahkan module.

Global

Maksud dari global pada KLWP yaitu suatu variable yang dapat digunakan pada setiap module yang di tambahkan, variable-variable ini memiliki value berupa warna, nomor, swtich on/off, text dan font.
Jadi misalkan kita memiliki beberapa module dengan warna yang sama, mengguanakan variable global ini sangat efektif ketika ingin merubahnya, tidak perlu mengganti satu-persatu, cukup merubah value pada variable global yang digunakan.

Table global hanya terdapat pada layer Root, jika anda mengenal bahasa HTML, variable global layaknya CSS yang terletak pada tag head, bedanya variable global hanya memiliki satu value saja, membuat variable global sangat mudah misalkan kita membuat variable global color, caranya :
  • geser editor pada table global kemudaian klik icon " + " yang berada di atas layar.
  • isi kolom Title dengan nama variable yang di inginkan, misal merah
  • pada kolom Type  pilih color, kemudian klik ok.
  • Klik kotak warna yang berada disebelah nama variable.
  • set ke warna merah.
Cara menerapkan varible global pada module, misalkan kita memiliki tiga buah shape dengan nama shape 1 - 3.
  • pertama klik pada shape 1
  • karna kita menggunakan variable global color, geser ke table paint
  • klik check box disebelah menu color.
  • klik icon globe yang berada di atas layar
  • kemudian klik icon globe yang ada di sebelah color
  • pilih nama variable.
  • lakukan langkah yang sama pada shape-shape berikutnya
Sekarang coba ganti warna variable global yang dipakai dengan warna hijau, ketiga shape akan berubah menjadi warna hijau.

Note : Jangan takut untuk mencoba, jika salah itu wajar, tinggal hapus dan ulangi lagi dari awal.

No comments :

Post a Comment